Keputihan Tanda Awal Kehamilan

tanda hamil

 

Keputihan merupakan sebuah proses tubuh yang sangat akrab dengan wanita, terutama pada masa suburnya. Hampir semua wanita yang telah memasuki masa subur kiranya telah mengalami masalah keputihan ini. Pada dasarnya keputihan dibedakan menjadi dua jenis, yaitu keputihan normal dan keputihan abnormal.

Keputihan normal tak perlu dikawatirkan berlebihan karena memang merupakan prose salami dalam tubuh wanita akibat aktivitas hormone dan umumnya tidak membahayakan. Sedangkan untuk jenis kedua, yaitu keputihan abnormal merupakan keputihan yang harus diwaspadai karena dapat membahayakan kesehatan. Keputihan abnormal umumnya dikarenakan oleh infeksi bakteri dan jamur.

Berbicara mengenai keputihan normal, umumnya keputihan ini dialami wanita ketika sebelum dan sesudah menstruasi, terangsang oleh lawan jenis, dan pada awal kehamilan. Salah satu yang menarik disini adalah terjadinya keputihan pada awal kehamilan, sehingga seringkali masyarakat menganggap bahwa keputihan merupakan salah satu tanda kehamilan. hal ini memang benar adanya, mengapa?

Berikut alasan mengapa keputihan dapat menjadi tanda kehamilan seseorang:

Pada masa awal kehamilan seorang wanita akan mengalami penebalan pada dinding vagina yang dapat memicu terjadinya peningkatan volume keputihan. Selain itu, seorang wanita yang tengah memasuki masa awal kehamilan, umumnya mengalami peningkatan kadar hormone estrogen dalam tubuh yang dapat berpengaruh pada peningkatan cairan vagina. Cairan ini akan keluar bersama dengan sel yang sudah tua pada daerah rahim dan vagina. Cairan ini juga berfungsi untuk membersihkan saluran reproduksi dari bakteri jahat.

Hubungi Kami

Rahma

Telp/SMS: 0823 3184 4323
Pin BB: 57FEF65F

Jl. Kutisari Indah Utara 4/15 Surabaya

 

Comments

Tinggalkan komentar Anda