Penyebab Kanker Usus: Tahan Kentut dan BAB

kanker usus

Pernahkah Anda menahan untuk buang air besar? Tentu pernah bukan? Namun sadarkah Anda jika apa yang Anda lakukan tersebut tidak baik untuk kesehatan?

Menahan kentut atau buang air besar (BAB) tentu pernah dilakukan oleh hampir semua orang di sunia ini. Alasannya pun beragam mulai dari yang terburu – buru sehingga tidak ada waktu ke kamar mandi, sungkan ketika tengah berkumpul dengan orang banyak, ataupun alasan yang lainnya. Namun apapun alasannya yang namanya menahan kentut dan BAB tetap saja tidak baik untuk kesehatan. Bahkan menurut ahli kesehatan, hal ini dapat membahayakan kesehatan sistem pencernaan karena menyebabkan timbulnya berbagai penyakit seperti kanker usus.

Mengapa bisa demikian? Pasalnya ketika seseorang tengah merasa ingin buang air besar namun menahannya, maka akan terjadi kontraksi otot usus yang sangat kuat guna menahan agar kotoran tidak keluar. Jika hal seperti ini terjadi berulang – ulan dan sering akan menyebabkan pembengkakan pada otot – otot di usus yang dapat berakibat pada terjadinya peradangan atau infeksi usus. Nah peradangan ini lah yang memicu munculnya sel kanker usus.

Sedangan untuk urusan menahan kentut, perkaranya sedikit berbeda. Ketika seseorang menahan kentut maka akan memicu terjadinya peningkatan tekanan gas yang dapat menyebabkan melebarnya usus secara tidak normal. Selain itu menahan kentut terlalu lama juga dapat menyebabkan sulit BAB.

Meskipun terkesan sangat spele ternyata menahan kentut dan buang air besar sangat membahayakan. Oleh sebab itu bersegeralah untuk menyalurkan hasrat keduanya ketika Anda benar – benar merasakannya.

Hubungi Kami

Rahma

Telp/SMS: 0823 3184 4323
Pin BB: 57FEF65F

Jl. Kutisari Indah Utara 4/15 Surabaya

 

Comments

Tinggalkan komentar Anda